Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Sidak Pelayanan Kesehatan di Parapat

Sehari setelah Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldi sidak ke RSUD Parapat, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani beserta rombongan juga melakukan peninjauan Pelayanan Kesehatan di Parapat (Selasa, 4 Mei 2021). Namun kali ini Bupati bersama Ketua DPRD Simalungun meninjau dua tempat pelayanan kesehatan sekaligus yaitu RSUD Parapat dan Puskesmas Parapat.


Bupati Simalungun dalam visi misinya memang bertekat membangun Tanoh Habonaron Do Bona menjadi lebih baik. Bupati berencana mempersiapkan pemerintahan yang transparan dan membuat rencana kebijakan-kebijakan yang pro rakyat, salah satu rencana yang pro rakyat adalah "Pemkab Simalungun akan mengalihkan pengurusan KTP ke Kecamatan-Kecamatan".

Pada saat sidak, Bupati Simalungun dan Ketua DPRD Simalungun meninjau ruangan dan fasilitas kesehatan (Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) puskesmas dan rumah sakit, ruang rawat inap, Unit Gawat Darurat (UGD) serta tapal batas bangunan rumah sakit) serta berdialog langsung dengan petugas kesehatan untuk menampung aspirasi dan keluhan petugas ketika melayani kesehatan warga, agar dapat diperbaiki ke depan.

Di RSUD Parapat Direktur Rumah Sakit Umum Parapat dr Elisabet melalui Bagian Tata Usaha Lentina boru Marpaung kepada Bupati Simalungun dan rombongan menerangkan, IPAL berfungsi dengan baik, dan proses pelayanan umum rumah sakit berjalan sesuai prosedur. Hanya saja menurut Lentina petugas kesehatan di RSUD Parapat baik perawat, dokter umum dan dokter spesialis masih kurang.


Lentina menjelaskan, RSUD Parapat memiliki 45 tempat tidur untuk rawat inap, 29 orang petugas fungsional/perawat, 5 dokter umum, dan 7 dokter spesialis (terdiri dari 2 ASN + 5 orang PTT). Adapun jumlah rata-rata pasien yang datang berobat setiap harinya adalah sekitar 20 orang lebih per hari. Mendengar penjelasan Lentina boru Marpaung, Radiapoh Sinaga merasa prihatin.

Bupati Simalungun merasa miris dengan kurangnya tenaga kesehatan di lokasi pelayanan rumah sakit, apalagi di daerah tujuan wisata seperti Parapat. Bupati berjanji akan mencarikan solusi untuk menambah jumlah dokter di setiap unit pelayanan kesehatan di tiap-tiap kecamatan di Simalungun. Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) berpesan kepada para pegawai dan tenaga kesehatan yang bertugas di kota wisata Parapat, agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan wisatawan.

#BupatiSimalungun #KetuaDPRDSimalungun #RadiapohSinaga #TimbulJayaSibarani #PuskesmasParapat #RSUDParapat #TanohHabonaronDoBona

Post a Comment for "Bupati dan Ketua DPRD Simalungun Sidak Pelayanan Kesehatan di Parapat"