Merayakan Paskah di Taman Eden 100

Pada tanggal 23 April 2015 kemarin keluarga besar SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon merayakan Paskah di "Taman Eden 100" Lumban Rang, Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan seluruh siswa/i, pegawai, dan guru yang beragama Kristen diwajibkan mengikuti perayaan ini. Dana yang digunakan dalam kegiatan ini bersumber dari persembahan yang dikumpulkan saat Ibadah di sekolah yang dilaksanakan sekali dalam seminggu.



Biasanya acara Perayaan Paskah SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon Parapat ini dilaksanakan sehari sesudah Paskah atau pada hari Senin. Namun berhubung ujian sekolah tingkat SMP di Kabupaten Simalungun dilaksanakan pada saat itu, sehingga kegiatan ini terpaksa diundur ke hari Kamis (16 April 2015). Namun lagi-lagi kegiatan perayaan Paskah sekolah ini kembali harus diundur  Kamis depannya dikarenakan berlangsungnya ujian praktek untuk beberapa mata pelajaran.



Setelah tertunda 2 kali akhirnya kegiatan perayaan Paskah SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon ini mantap dilaksanakan hari Kamis, 23 April 2015. Pada tahun-tahun sebelumnya perayaan Paskah ini diadakan di sekolah, namun kali ini diadakan di "Taman Eden 100" yang dikelola oleh salah satu tokoh lingkungan hidup Marandus Sirait. Tempat ini dipilih untuk memberi nuansa baru dan sekaligus juga untuk memperingati hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April.



Jumlah siswa/i yang turut dalam kegiatan ini berjumlah kurang lebih 400 orang dan titik keberangkatan ditentukan di lokal induk SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon. Puluhan angkot dikota Parapat (Wisata Indah dan Parsito) dicarter untuk membawa rombongan ke "Taman Eden 100" yang jarak tempuh memakan waktu sekitar 40 menit. Hujan lebat yang mengguyur kota Parapat sekitarnya pagi itu tidak menyurutkan niat kami untuk berangkat ke "Taman Eden 100".



Rombongan tiba di Taman Eden 100 sekitar pukul 09.20 WIB dan hujan di tempat ini masih sama derasnya dengan di kota Parapat. Seluruh peserta langsung diarahkan ke sopo (pendopo) yang letaknya beberapa meter dari parkiran. Kegiatan Paskah sekolah ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB yang diawali dengan acara Ibadah. Pendeta yang menyampaikan khotbah pada perayaan Paskah sekolah ini diambil dari Kitab Yesaya 53:5 yang berbunyi "Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh."



Selain Ibadah acara juga dirangkai dengan acara jedah dan lomba. Kegiatan-kegiatan lomba yang dipertandingkan diantaranya lomba cepat buka Alkitab, menghias telur paskah, tebak lagu rohani, dan quiz twitter. Keseruan acara ini tidak sampai disitu saja, masih ada session jalan-jalan disekitar taman. Banyak hal menarik yang dapat dilihat di taman ini, seperti taman strowberry, taman anggrek, air terjun bertingkat, dll. Berbagai bibit tanaman/pohon juga dapat kita beli ditempat pembibitan dengan harga yang terjangkau. Seluruh kegiatan selesai sekitar pukul 15.15 WIB dan kami pun beranjak meninggalkan Taman Eden 100 menuju kota Parapat dengan membawa cerita yang layak untuk dikenang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merayakan Paskah di Taman Eden 100"

Post a Comment