Harga Karcis/Tiket Masuk/Retribusi Bukit Sibea-Bea Samosir

Bukit Sibea-bea berada di Huta (Desa) Harian Boho, Samosir merupakan tempat/kawasan dibangunnya tempat wisata religi dengan iconnya patung Yesus. Proses pembangunannya masih rampung 20%, kawasan ini mendadak viral di dunia maya setelah beberapa orang mengunggah photo mereka di jalan berkelok menuju kawasan ini. Jalan berkelok ditempat ini memiliki keunikan tersendiri dengan view indahnya Danau Toba.

Wisata Religi Bukit Sibea-Bea Samosir
(Photo: Ig @Babas_Sebastiann)

Viralnya tempat ini di awal tahun 2021 membuat orang penasaran dan mulai mencari tau keberadaan tempat ini. Kawasan ini pun mendadak ramai oleh wisatawan lokal yang ingin berselfie ria dengan pemandangan jalan berkelok + indahnya Danau Toba. Sebenarnya tempat ini belum dibuka karena proses pengerjaannya belum rampung. Namun karena antusias wisatawan cukup tinggi untuk ketempat ini, maka oknum penduduk setempat yang direkrut sebagai petugas keamanan memperbolehkan pengunjung untuk masuk jika tukang (pekerja proyek) sudah selesai bekerja atau sedang off pada hari Minggu.

[Baca juga: Harga Tiket Kapal Ferry KMP Ihan Batak Ajibata - Ambarita]

Dulunya pada hari Senin s/d Sabtu pengunjung diperbolehkan masuk jika pekerja proyek sudah selesai bekerja yaitu pada pukul 17.00 WIB, sedangkan pada hari Minggu pengunjung diperbolehkan masuk mulai pagi hingga sore harinya. Oknum petugas yang memberi izin masuk tersebut membuat ketentuan kepada pengunjung membayar seikhlasnya berapapun itu. Alhasil kawasan inipun semakin viral dan pengunjung semakin membludak.

Bukit Sibea-Bea (Ig: @SantiSihotang99)

Masalah pun mulai muncul seperti antrian kendaraan pengunjung yang agak menggangu lintasan truk proyek yang keluar masuk, beberapa oknum pengunjung ada yang berphoto di titik-titik tertentu yang mengakibatkan kerusakan beberapa fasilitas dan mengabaikan keselamatan diri sendiri, serta beberapa persoalan lainnya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan untuk memperlancar proses pembangunan, pada akhir Januari Pemkab Samosir resmi menutup tempat ini untuk dikunjungi wisatawan.

Di awal-awal ditutupnya tempat ini beberapa wisatawan masih tetap gencar datang ketempat ini dan mencoba membujuk rayu petugas disana agar mengizinkan mereka untuk masuk. Tidak diizinkannya wisatawan masuk sering menyebabkan terjadinya debat dipintu masuk, hal ini disebabkan beberapa pengunjung keras kepala yang ngotot ingin masuk (Sempat ada video yang viral tentang kejadian ini).

Photo by: Ig @frederikjoo_simbolon

Setelah kurang lebih 2,5 bulan tempat ini ditutup untuk umum, di pertengahan bulan April 2021 ini Pemkab Samosir membuat keputusan membuka tempat ini untuk umum dengan menentukan tarif harga karcis/tiket masuk/retribusi yang sudah ditetapkan. Adapun tarif harga retribusi/karcis/tiket masuk Bukit Sibea-Bea Samosir adalah sbb:

No

Kategori

Tiket Masuk

1

Bis/Bus

150000

2

Mobil Roda 4

50000

3

Sepeda Motor

20000

4

Sepeda Dayung

10000

5

Pejalan Kaki

5000


Silahkan berkunjung ke Danau Toba dan jangan lupa ke Bukit Sibea-Bea untuk berselfie ria sejenak atau untuk wisata religi. Tapi perlu diketahui proses pembangunan tempat ini belum rampung jadi tetap perhatikan keselamatan diri kalian selama berwisata di tempat ini. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan dan menjaga fasilitas-fasilitas di setiap tempat wisata yang kalian kunjungi ya sobat. Demikianlah informasi terkini tarif harga tiket masuk/karcis/retribusi wisata Bukit Sibea-Bea di Harian Boho Samosir.   Jika informasi ini bermanfaat yuk bantu share/bagikan postingan ini di medsos kalian agar teman-teman maupun para wisatawan yang ingin berkunjung ketempat ini dapat mempersiapkan segala sesuatunya. Salam Pesona Indonesia....

#BukitSibeaBea #Samosir #DanauToba

Post a Comment for "Harga Karcis/Tiket Masuk/Retribusi Bukit Sibea-Bea Samosir"