Gambar (Image) Postingan Blogger/Blogspot Error

Pada tanggal 1 Mei 2021 (tepatnya pada malam hari) tampilan blog www.naganiel.com tiba-tiba sedikit berantakan dimana beberapa gambar thumbnail tidak dapat tampil dengan sempurna. Saya coba click beberapa postingan ternyata gambar di postingan tersebut juga error. Lalu saya berpikir bahwa ini mungkin hanya bersifat sebentar saja, mungkin saja blogspot/blogger lagi maintenance seperti beberapa hari sebelumnya.

Namun beberapa jam kemudian, saya coba kembali mengakses blog saya tapi gambar thumbnail dan postingannya masih tetap error. Saya pinjam HP beberapa teman untuk melihat tampilhan blog saya, tapi hasilnya tetap sama (gambar tidak muncul). Ternyata masalah ini tidak hanya saya yang mengalami tetapi hampir semua blogspot yang saya akses menampilkan hal serupa. Lalu saya begadang untuk mencoba browsing sana-sini, saya coba search di twitter dan beberapa medsos solusi tidak munculnya gambar (image) postingan Blogger/Blogspot namun tetap tidak ketemu. Karena hari sudah malam dan mata mulai ngantuk, akhirnya saya putuskan untuk tidur.


Hari Minggu paginya saya bangun dan coba memeriksa blog terkeren sejagat raya www.naganiel.com, tapi gambar thumbnail dan gambar di postingan tetap tidak muncul. Tapi anehnya beberapa postingan jadul (postingan beberapa tahun lalu) ada yang muncul. Lalu saya mulai cari lagi solusi. Saya search di twitter menggunakan akun twitter @naganieldotcom untuk mencari solusi gambar postingan blogspot yang error tapi tetap belum ada postingan terbaru yang membahas hal tersebut.

Lalu saya coba pinjam beberapa HP teman yang menggunakan kartu LOOP dan kartu XL serta 3, dan ternyata tampilan blog saya dan blog-blog yang lain tampil dengan sempurna (tidak ada gambar yang hilang). Kemudian saya mencoba mengakses blog saya dan blog lainnya menggunakan VPN dan Web Proxy, dan hasilnya juga tampil dengan sempurna. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyebab gambar (image) postingan blogger/blogspot error bukan karena masalah di blogspotnya maupun di templatenya, tetapi masalah dari Depkominfo atau  DNS dari provider di Indonesia.


Hal ini juga diperkuat dari pengumuman yang dibuat oleh Mas Sugeng di group telegramnya. Mas Sugeng membuat pengumuman bahwa errornya postingan blog bukan karena masalah template maupun penyedia blognya (blogger.com). Jadi solusinya mari kita beritahu (report) masalah ini kepada provider kita melalui media sosial agar hal ini diperbaiki. Kita sabar saja menunggu dan semoga dalam waktu dekat hal ini bisa clear dan tampilan blog kita kembali membaik.

#BloggerError #BlogspotError

4 comments for "Gambar (Image) Postingan Blogger/Blogspot Error"

  1. Ooohh... berarti memang dari pusat ya, saya pikir karena templete blog yang eror.... makasih gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bro... tadinya juga aku pikir templatenya yg error. Ternyata dari provider atau Diskominfo, mungkin kesalahan pendeteksi content terlarang, lalu URL gambarnya diblokir yaitu bp.1. tapi tadi sudah kembali normal disini sekitar pukul 15.45 WIB

      Delete
  2. Beberapa kali upload gambar eror, gambar yg diupload ga muncul di post editor, thumbnail, dan postingan. Apakah cuma di blog sayay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba bersihkan cache atau cookies browsernya gan, soalnya permasalahan ini dah clear kemarin

      Delete