Perbandingan Groups dan Pages Facebook

Bagi pengguna media sosial facebook tentu sudah mengenal groups dan pages facebook. Sebahagian dari pengguna mungkin sudah bergabung dalam groups atau pages (fan page) yang disediakan oleh facebook atau malah sudah menjadi admin groups atau pages. Namun walaupun begitu masih banyak yang belum tau apa yang membedakan dua layanan facebook ini. Groups dan Pages kegunaannya hampir sama, yaitu tempat untuk saling berbagi atau promosi antara member yang satu dengan yang lainnya. Lalu apakah yang membedakan groups dan pages facebook? mari kita simak perbandingannya groups facebook dan pages facebook berikut ini:

1. Groups Facebook
Groups facebook memiliki kelebihan dalam hal penambahan anggota/member dan juga dalam hal privasi. Untuk menambah anggota/member suatu groups facebook sangatlah gampang, cukup mengetikkan nama facebook teman kita di kotak "Add People to Group" dan secara otomatis teman kita itu akan langsung menjadi member tanpa perlu persetujuannya. Inilah salah satu kelebihan dari groups facebook, dengan demikian penambahan anggota/member group lebih cepat prosesnya daripada Pages. Kelebihan lainnya adalah pada masalah privacy, dimana suatu group bisa disetting bersifat "tertutup". Wall group tidak bisa dilihat orang lain yang bukan member group tersebut jika settingannya diubah ke tipe "Tertutup" atau "Closed".



Kekurangan dari group adalah suatu group tidak boleh dilihat sebelum kita melakukan login ke akun facebook kita. Kekurangannya yang kedua adalah postingan atau update status di wall group tidak terdeteksi oleh mesin pencari (google misalnya). Ada satu hal lagi yang menarik dari group ini dan hal ini bisa dikatakan kekurangan, bisa juga menjadi kelebihan (tergantung selera masing-masing). Jika seseorang memberi comment pada salah satu postingan/status member di group tersebut, maka postingan/status tersebut akan dinaikkan ke posisi paling atas sekalipun postingan/status tersebut dibuat setahun yang lalu.

2. Pages Facebook
Pages Facebook memiliki kekurangan dalam hal penambahan anggota/member dimana seseorang akan menjadi member ketika dia mengclick tombol "LIKE" dari page tersebut. Admin dan anggota pages bisa menginvite/mengundang friendlistnya untuk bergabung ke suatu page, tetapi orang yang diundang tersebut tidak otomatis langsung menjadi member. Pesan yang diterima oleh orang yang diundang hanya berupa pemberitahuan ajakan bergabung ke suatu page. Keputusan akhir tergantung kepada orang yang diundang, apakah dia mau bergabung dengan mengclick tombol LIKE nya.

Kelebihan pages facebook sangat banyak, diantaranya susunan kepengurusan admin yang lebih terstruktur, postingan atau status bisa dilihat tanpa perlu login ke akun facebook kita asalkan kita mengetahui LINK/URL pages tersebut. Kelebihan lainnya adalah pages beserta postingan admin dan member di suatu group akan terindeks oleh mesin pencari. Kelebihan lainnya adalah postingan admin dan member ditempatkan terpisah, sehingga gampang dikenali.

Pemaparan diatas adalah beberapa perbandingan antara Pages Facebook dengan Groups Facebook. Masih ada beberapa perbandingan lainnya, akan tetapi point-point diatas merupakan perbandingan yang mendasar diantara keduanya. Jika kita ingin memilih diantara kedua layanan diatas tentu semua itu tergantung dari keinginan masing-masing admin. Semua memiliki nilai plus dan minus tergantung kepada kemampuan anda dan kebiasaan anda menggunakannya. So, kamu pilih mana, Groups facebook atau Pages Facebook?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbandingan Groups dan Pages Facebook"

Post a Comment