Cek Ijazah, Asli Atau Palsu?

Belakangan ini berita tentang penggunaan ijazah palsu marak terdengar. Penggunaan ijazah palsu bisa saja disadari dan bisa juga tidak disadari oleh penggunanya, seperti yang sudah saya ceritakan di artikel sebelumnya yang berjudul "Dengan ePUPNS, IPAL PNS Bisa Terbongkar". Info penutupan beberapa perguruan tinggi yang tidak memiliki izin juga menambah kekhawatiran beberapa orang akan keaslian ijazahnya terlebih saat mereka mengambil perkuliahan di perguruan tinggi yang belum memiliki kredibilitas ditengah-tengah masyarakat.



Baru-baru ini BKN juga mengadakan Program "Pendataan Ulang PNS" yang dilakukan secara online dan beberapa kabar mengatakan melalui program ini penggunaan ijazah palsu dikalangan PNS bisa saja terbongkar. Ijazah dikatakan palsu apabila segala data perkuliahan seorang mahasiswa atau mereka yang sudah menyelesaikan perkuliahan tidak terdaftar di Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (DIKTI). Lalu apakah anda merasa penasaran atau khawatir ijazah perguruan tinggi yang anda miliki asli atau palsu? Salah satu cara untuk mengecek ijazah perguruan tinggi yang kita miliki asli atau palsu adalah dengan memeriksa data di FORLAP DIKTI. Program FORLAP merekam data-data yang ada di perguruan tinggi swasta dan negeri mulai dari jenjang D1 sampai dengan S3. Nah, langsung saja kita praktekkan, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Akses web http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa
  • Isikan nama Perguruan Tinggi pada Form isian "Perguruan Tinggi". Ketikkan secara perlahan dan nantinya akan muncul pilihan Perguruan Tinggi, lalu pilihlah nama perguruan tinggi yang ingin ditelusuri.

  • Setelah nama Perguruan Tinggi anda pilih, maka akan muncul form isian baru, yaitu "Program Studi". Pilihan ini bisa anda biarkan saja atau silahkan pilih salah satu program studinya jika ingin mempersingkat pencarian.
  • Pada form "Kata Kunci" silahkan masukkan nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa (NIM).
  • Masukkan kode Captcha sesuai dengan kode pengaman diatasnya, lalu akhiri dengan mengclick "Cari Mahasiswa"
Setelah proses diatas dilakukan maka akan muncul nama mahasiswa seperti gambar berikut ini (Data akan muncul jika riwayat perkuliahan anda terdaftar di FORLAP DIKTI):


Jika anda mengclick nama mahasiswa pada tampilan tersebut, maka data personal dan riwayat pengambilan SKS perkuliahan akan ditampilkan pada tampilan berikutnya seperti berikut ini:


Jika hail pencarian tidak muncul atau tidak ditemukan, coba periksa nama atau NIM anda saat pengisian form sebelumnya. Nama dan NIM harus benar-benar pas seperti saat anda kuliah (Perhatikan huruf, angka, spasi, dll harus benar-benar pas). Jika hasil pencarian tidak ditemukan juga, maka bisa dikatakan ijazah yang anda miliki adalah palsu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cek Ijazah, Asli Atau Palsu?"

  1. informasi menarik
    bisa mengecek ijazah palsu atau asli
    bisa dicoba, makasih

    ReplyDelete
  2. ini menarik
    bisa cek ijazah palsu atau aspal
    terima kasih infonya

    ReplyDelete