Latihan Mendirikan Tenda Kemah

Cerita kali ini terangkat dari kisah nyata dan bukan fiktif belaka, jadi jika ada kesamaan tempat, nama dan juga cerita itu bukan karena kebetulan semata dan memang ada unsur kesengajaan. Pada tanggal 9 Mei 2015 diriku mendampingi pramuka penggalang 075-076 Parapat melakukan latihan mingguan. Pada pertemuan tersebut jenis latihannya adalah cara mendirikan tenda. 


Pelatihan ini berkaitan dengan persiapan kegiatan perkemahan libur sekolah dan juga Jambore daerah tingkat Kabupaten Simalungun. Diriku sebenarnya tidak begitu paham dalam ilmu kepramukaan, maka kapasitasku dipelatihan ini hanya untuk memonitoring agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik :)  Jadi pada latihan kali ini diriku juga ikut belajar cara-cara mendirikan tenda yang dipraktekkan oleh kakak-kakak senior tingkat rakit dan juga pramuka penegak yang merupakan alumni dari pramuka penggalang 075-076 Parapat.



Anggota pramuka penggalang 075-076 Parapat dibagi menjadi 2 kelompok yaitu putra dan putri. Pelajaran ilmu kepramukaan untuk mendirikan tenda ini diadakan di lapangan lokal induk SMP N 1 Parapat. Kakak-kakak senior dengan tekun dan sabar mengajarkan cara-cara untuk mendirikan tenda. Sebelum praktek, beberapa teori dasar disampaikan terlebih dahulu yang meliputi: jumlah tongkat stok yang dibutuhkan, jumlah pacak, jumlah tali pandu, dan jenis-jenis simpul yang dibutuhkan untuk mendirikan tenda tersebut.




Setelah dipraktekkan oleh para senior satu kali, tenda dibongkar kembali untuk kemudian dipraktekkan oleh anggota pramuka junior. Ternyata oh ternyata pada latihan mendirikan tenda tersebut, regu putra lebih cekatan dan tanggap dibandingkan regu putri. Hal ini berbanding terbalik pada saat latihan LKBB, pada saat latihan LKBB tim putri lebih cepat tanggap dan mempelajarinya. Pelatihan mendirikan tenda ini molor setengah jam dari jadwal latihan yang biasanya, namun walaupun begitu pada akhirnya semua bisa paham dan mampu mendirikan tenda kemah. Seusai latihan seluruh anggota pulang dengan hati senang, pikiranpun tenang, galau jadi hilang :)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Mendirikan Tenda Kemah"

Post a Comment