Pengumuman SNMPTN 2015

Sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tahun 2015 tidak lagi menggunakan sistem ujian tertulis, melainkan menggunakan sistem non tertulis atau tepatnya jalur undangan. Dengan sistem undangan ini maka tidak semua siswa/i dapat mendaftar, hanya mereka yang memiliki prestasi gemilang selama sekolah. Beberapa syarat pendaftaran SNMPTN 2015 antara lain: Seleksi hanya bagi siswa/i berprestasi minimal masuk 10 besar dikelas selama sekolah dan ditambah lagi nilai tiap semester tidak boleh turun (harus meningkat dari semester ke semester).



Selain itu jatah kuota tiap-tiap sekolah dibatasi oleh kampus tujuan berdasarkan akreditasi sekolah tersebut. Misalnya sekolah dengan status akreditasi A berhak minimal 75% kuota, sekolah dengan status akreditasi B mendapatkan jatah 50%, sekolah dengan status akreditasi C mendapatkan sekitar 25% dan bagi sekolah yang belum terakreditas masih mendapatkan jatah kuota 5%. Setelah proses pendaftaran dan seleksi selesai, maka pihak panitia SNMPTN 2015 akan mengumumkan hasilnya nanti sore (Sabtu, 9 Mei 2015) tepat pukul 17.00 WIB.

Pengumuman SNMPTN 2015 dapat diakses secara online melalui website resmi www.SNMPTN.ac.id.  Setelah mengakses website tersebut, peserta akan dihadapkan dengan form isian nomor peserta dan tanggal lahir. Isikanlah nomor peserta anda dan tanggal lahir dengan benar dan lakukan pengecekan. Jika foto beserta biodata diri anda muncul dengan tulisan berwarna hijau atau biru disertai tulisan "LULUS", itu berarti anda lulus SNMPTN 2015 dan dapat melanjut untuk proses registrasi selanjutnya. Tetapi jika foto dan biodata diri anda muncul disertai keterangan "TIDAK LULUS" berwarna merah, itu artinya anda bisa mencoba ditahun yang akan datang atau mencoba jalur yang lain.


Ketika pengumuman sudah diterbitkan secara online, bisa saja nanti website SNMPTN tersebut down dikarenakan banyaknya pengakses. Jika halaman tersebut error atau proses pengecekan kelulusan error, silahkan ulangi berkali-kali sampai proses input yang anda lakukan membuahkan hasil. Alternatif lainnya adalah dengan mengakses website-website Perguruan Tinggi Negeri yang anda tuju. Bagi yang belum beruntung lolos PTN melalui jalur SNMPTN, jangan khawatir karena masih ada pilihan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 yang menggunakan sistem seleksi ujian tertulis. Pendaftaran SBMPTN akan dibuka setelah pengumuman SNMPTN 2015, infonya dapat anda lihat di www.SBMPTN.or.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengumuman SNMPTN 2015"

Post a Comment