Perayaan Paskah dan Pelepasan SMP N 1 Parapat

SMP N 1 Girsang Sipangan Bolon (Sering disebut SMP N 1 Parapat) merayakan perayaan Paskah pada tanggal 21 dan 22 April 2014. Perayaan Paskah di sekolah ini meliputi pertandingan lomba dan ibadah raya yang diikuti siswa/i dan guru serta pegawai yang beragama Kristen. Seluruh biaya perayaan Paskah ini berasal dari uang persembahan siswa/i saat kebaktian yang dilaksanakan setiap hari Kamis pagi. Perayaan dilaksanakan dua hari dimana hari pertama difokuskan untuk menggelar seluruh kegiatan lomba, sedangkan hari kedua merupakan ibadah, pembagian hadiah, snack bersama, dan acara pelepasan siswa/i kelas 9 yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN).



Lomba-lomba yang digelar dalam perayaan Paskah di SMP N 1 Parapat ini antara lain Vocal Group lagu-lagu rohani, Cerdas Cermat Alkitab (CCA), mengambil koin dari buah semangka, mencari telur Paskah, dan menghias telur Paskah. Perlombaan ini mempertandingkan antar kelas mulai dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 yang totalnya berjumlah 14 kelas. Dalam kegiatan lomba ini diriku berperan mengkoodinir pelaksanaan kegiatan lomba dan menyediakan hadiah.



Lomba yang paling seru dari semua kegiatan lomba adalah lomba mengambil koin dari buah semangka. Koin-koin ditancapkan di permukaan buah semangka kemudian dilumuri kecap manis dan digantungkan menggunakan tali. Lalu peserta yang terdiri dari dua orang dari setiap kelas berusaha mengambil koin-koin tersebut menggunakan mulut. Dibutuhkan kerjasama team dan kecerdikan dari peserta untuk mengikuti lomba ini. Jika bekerja sendiri-sendiri maka peserta akan kesusahan menaklukkan buah semangka yang tergantung dan dilumuri dengan kecap kental :)





Dalam setiap lomba tentu ada yang kalah dan ada yang menang, jadi setiap peserta yang kalah pasti berlapang dada karena memang lomba ini hanya untuk seru-seruan saja. Hadiah-hadiah lomba yang kami sediakan berupa minuman soda kaleng dan coklat :) Ini merupakan hadiah yang paling oke dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan lomba berlangsung sukses sampai siang harinya dan cuaca juga sangat mendukung.




Pada hari kedua (Selasa, 22 April 2014) merupakan kegiatan ibadah Paskah, pembagian hadiah pemenang lomba dan jedah/snack. Kegiatan ini dirangkai dengan acara pelepasan siswa/i kelas 9 yang akan mengikuti UN. Jadi pada hari kedua ini siswa/i yang beragama Islam turut hadir di sekolah. Pada saat acara ibadah, siswa/i dan guru yang beragama Kristen mengadakan kebaktian dilapangan upacara dan seorang Pendeta diundang untuk memberi khotbah. Sedangkan siswa/i dan guru yang beragama Islam melakukan ibadah di ruang multimedia yang dipimpin oleh seorang Ustad.






Setelah acara pelepasan seluruhnya berkumpul di lapangan upacara untuk memberangkatkan siswa/i kelas 9 yang akan mengikuti UN. Dalam acara pelepasan ini perwakilan dari kelas 7,8, dan 9 mengucapkan kata-kata motivasi, permohonan maaf, dan kata-kata perpisahan buat sesama siswa dan juga kepada guru. Pelepasan atribut secara simbolis dilakukan oleh Kepsek SMP N 1 Parapat, Bapak Rejekinta Sinulingga, SPd terhadap dua orang perwakilan siswa/i kelas 9. Acara selesai sekitar pukul 12.00 WIB yang ditutup dengan doa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perayaan Paskah dan Pelepasan SMP N 1 Parapat"

Post a Comment