Senangnya Membersihkan Danau Toba

Pada hari Sabtu, 15 Februari 2014 sekitar pukul 16.00 WIB diadakan kegiatan bersih-bersih Danau Toba di kota Parapat yang dimotori oleh GMK Girsang Sipangan Bolon. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya diadakan oleh GMK yang bertujuan untuk melestarikan Danau Toba dan juga menumbuhkan rasa cinta lingkungan dan cinta Danau Toba kepada masyarakat sekitar. Danau Toba salah satu Danau terluas di dunia memiliki panorama alam yang sangat indah, akan tetapi ntah kenapa perhatian pemerintah seolah kurang serius untuk mengelolanya menjadi objek wisata.



Danau Toba sendiri tercipta dari letusan gunung Toba yang merupakan salah satu supervolcano terbesar di dunia. Gunung Toba sudah meletus tiga kali dan yang terakhir terjadi sekitar 75.000 tahun silam yang hampir membuat punah umat manusia. Letusan gunung Toba membentuk Danau Toba dengan Pulau Samosir berada di tengahnya. Air Danau Toba dulunya sangat bersih namun lambat laun mulai berubah jadi kotor oleh ulah manusia. Oleh sebab itulah dibutuhkan kesadaran semua pihak untuk memulihkan dan menjaga kelestarian Danau Toba ini, dan atas dasar itulah GMK Girsang Sipangan Bolon mengadakan kegiatan "Clean Up Danau Toba" dengan harapan dapat mensugesti orang lain untuk cinta lingkungan dan Danau Toba.







Pada kegiatan "Clean Up Danau Toba" kedua ini, GMK mendapat tambahan personel dari Remaja dan Muda-Mudi HKBP Parapat. Tambahan relawan ini memberi semangat baru karena akan muncul generasi muda yang merasa perduli terhadap kelestarian lingkungan dan Danau Toba. Dua kapal boat pun dikerahkan untuk menjaring sampah-sampah yang mengotori perairan Danau Toba khusus tepian Danau seputaran kota Parapat. Tiada rasa malu dan rasa jijik saat mengangkat sampah yang sebahagian mengeluarkan aroma kurang sedap keatas kapal.




Kegiatan bersih-bersih ini berlangsung kurang lebih 2 jam yang berakhir pada pukul 18.00 WIB. Membersihkan Danau Toba memberi kepuasan tersendiri bagi semua relawan termasuk saya. Bukan untuk gagah-gagahan atau pamer kepada orang lain, tetapi tidak lebih hanya karena merasa peduli untuk melestarikan lingkungan dan Danau Toba. Ketika kita mencintai dan melestarikan alam, maka alam sekitar kita juga akan bersahabat kepada kita. Semoga kegiatan ini nantinya terus berlanjut dan personel yang mau terlibat semakin banyak :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Senangnya Membersihkan Danau Toba"

Post a Comment