Ramainya Saat Pulkam

Bulan Desember umumnya menjadi ajang pulang kampung (Pulkam) di keluarga kami dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru. Beberapa family yang mempunyai waktu (cuti) akan menyempatkan diri untuk pulang kampung untuk kumpul bersama menjalin silaturahmi dan melepas rasa kangen. Pada bulan Desember kemarin Paman, Bibi, dan sanak family lainnya menyempatkan diri untuk pulang kampung. Mereka datang dari perantauan di Kalimantan, Jakarta, Medan dan kota-kota lainnya dan berkumpul di kampung halaman yaitu Girsang Dua (Sekitar 30 menit perjalanan dari kota Parapat).



Paman dan keluarga biasanya akan menginap di rumah oppung (Nenek) yang saat ini masih tetap bugar sampai tua walaupun usianya sudah 90-an. Tetapi selain di rumah oppung, mereka juga akan menyempatkan berkunjung ke rumah saudara-saudara dan family yang ada di Girsang dan sekitarnya. Sesaat sebelum tahun baru kami mengundang mereka untuk mencicipi makanan spesial yang disediakan oleh mama'. Sekedar promosi bahwa mama' (Ibu) saya paling pintar dalam hal masak-memasak :) Kami pun menghidangkan menu makanan dengan lauk ayam gulai dan ikan jahir bakar.



Pada saat makan semuanya hanya meminta nasi seadanya saja dan kami sempat heran apakah semua pada diet atau gimana :)) Ternyata Paman, Bibi beserta keluarga ingin lebih banyak mencicipi ikan bakar dengan bumbunya yang khas yang disebut dengan "Tombur". Semua menu makan siang kala itu ludes semuanya :) Senang rasanya kalau makanan kesukaan mama' laris manis seperti ini. Bukan hanya dari menu makan itu saja yang begitu istimewa dari makan siang tersebut, tetapi lebih dari rasa kebersamaan, kekompakan dan cengkrama melepas rindu dalam moment menyambut Natal dan Tahun Baru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ramainya Saat Pulkam"

Post a Comment