Lindungi Akunmu

Setiap akun yang kita miliki di internet pasti rawan pencurian oleh tangan-tangan jahil, terlebih jika kita seorang yang memiliki keistimewaan. Oleh sebab itu kita harus memberi perlindungan terhadap setiap akun yang kita miliki di internet, baik itu akun e-mail, internet banking, media social, dll. Dari sekian banyak akun di internet, akun e-mail adalah hal yang paling utama yang harus kita miliki dan ini mempunyai peranan penting bagi akun kita yang lainnya.



Untuk meminimalisir akun kita dicuri/dihack orang lain, ada beberapa tips yang akan saya bagikan kepada para sahabat semua. Semoga tips ini nantinya dapat membantu para sahabat untuk melindungi akunnya dan tidak ada lagi cerita uring-uringan dan membuat status makian yang ditujukan tanpa jelas kepada siapa ketika akunnya kena hack. Berikut beberapa tips untuk melindungi akunmu di internet:
  1. Jangan menggunakan password yang gampang ditebak (misalnya tanggal lahir, nama kota, nama pacar, dll).
  2. Usahakan password gabungan dari angka dan huruf. Bila perlu tambahkan simbol-simbol tertentu atau huruf besar huruf kecil. (contoh password  yang pernah admin buat dan dijamin susah dibobol: ku4hm13s0p, Ind0n3siakuh, passwordkudilindungipemerintah).
  3. Password bisa juga menggunakan bahasa daerah, biasanya lebih aman dari pada menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
  4. Pengaturan "Security Question" ada baiknya jangan ada keterkaitan antara pertanyaan dan jawaban. Contoh pembuatan "Security Question" yang pernah admin buat - Pertanyaan: "Dimanakah Ibu Anda Lahir?", maka saya membuat jawabannya: "Dimana saja boleh lah" atau "Apa kau tanya-tanya" atau "Tunggu Opo Mene".
  5. Lakukan login ke akun anda secara berkala, jangan sampai anda meninggalkannya terlalu lama (apalagi sampai berbulan-bulan).
  6. Jika login dari warnet, gunakanlah keyboard virtual dalam pengetikan password. Hal ini untuk mengantisipasi pencurian password menggunakan aplikasi "Keylogger".
  7. Hati-hati situs "phising" atau "jebakan batman" lainnya yang meminta anda menginput ID dan password. Jangan sampai anda terkecoh dengan situs palsu yang mirip dengan aslinya.
  8. Jangan lupa logout/signout setiap selesai menggunakan akun anda dan bersihkan "History" browser yang anda gunakan.
Selalulah ingat bahwa email merupakan akun yang paling berperan penting dari semua akun yang anda miliki di internet, jangan sampai kehilangan akses ke email anda. Ada beberapa layanan email yang akan melakukan penghapusan akun jika anda tidak ada melakukan login sama sekali ke akun anda selama 3 bulan. Jadi sebisa mungkin lakukanlah login ke email anda minimal sekali sebulan untuk menjaga agar akun email anda tetap aktif. Jika akun email non-aktif maka akun-akun lainnya yang anda miliki menggunakan email tersebut akan gampang diambil alih. Demikianlah beberapa tips melindungi akun yang dapat admin bagikan buat sahabat semua, semoga bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lindungi Akunmu"

Post a Comment