Barcelona Taklukkan Real Madrid

Pertandingan El Clasico antara Barcelona (Barca) vs Real Madrid merupakan salah satu pertandingan terpanas dan paling ditunggu-tunggu dalam La Liga Spanyol. Barcelona dan Real Madrid pun akhirnya "bentrok" dalam lanjutan La Liga Spanyol pekan ke-10 (26 Oktober 2013) yang berlangsung di markas Barca di stadion Camp Nou. Pertandingan ini pun berlangsung panas seperti yang telah diprediksikan oleh pecinta sepak bola. Walaupun Real Madrid bertandang ke kandangnya Barcelona, akan tetapi hal ini tidak menyurutkan mental dan semangat anak asuhan Carlo Ancelotti.


Sejak kickoff  babak pertama dibunyikan, stadion Camp Nou yang dipadati 98761 penonton langsung bergemuruh. Pelatih Barcelona menerapkan formasi 4-3-3 untuk anak asuhnya dengan memasang Neymar, Fabregas, dan Messi di bagian depan. Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti juga menerapkan formasi yang sama untuk Cristiano Ronaldo Cs. Carlo Ancelotti menempatkan Bale, Ronaldo, dan Maria dibagian depan untuk menggempur gawang Barcelona yang dijaga oleh Victor Valdes.

Serangan demi serangan yang dilancarkan kedua team berlangsung cukup keras. Hal ini terbukti pada menit ke-7 Busquets gelandang bertahan Barca dihadiahi kartu kuning  oleh wasit karena melakukan pelanggaran. Pada menit ke-14 pemain tengah Real Madrid Sergio Ramos juga mendapat kartu kuning. Belum ada gol yang tercipta hingga menit ke-18, barulah pada menit ke-19 Neymar yang mendapat umpan dari Iniesta berhasil memperdaya kiper Real Madrid yang dijaga oleh Diego Lopez. Supporter Barca yang memadati stadion langsung bersorak gembira menyambut gol dari Neymar ini yang membuat kedudukan sementara 1-0 untuk keunggulan Barcelona. 

Tertinggal 1-0 membuat Real Madrid  mencoba meningkatkan serangannya dan pertandingan pun semakin memanas. Wasit mengeluarkan kartu kuning ketiga dan keempat masing-masing bagi Adriano Correia bek kiri Barca pada menit ke-35 dan kepada G. Bale penyerang Real Madrid pada menit ke-45. Kedudukan 1-0 ini tetap bertahan hingga turun minum.

Selebrasi saat Neymar mencetak Gol
<source: theguardian.com>

Memasuki babak kedua permainan lebih terbuka dan kedua tim silih berganti melakukan penyerangan. Pertengahan babak kedua, Benzema sempat mendapat peluang dengan melakukan tendangan keras dari luar kotak penati kearah gawang Barca yang dijaga oleh Victor Valdes, tetapi sayang tendangannya masih membentur tiang gawang sebelah kiri. Barca mencoba membuat serangan lebih variatif dan akhirnya berhasil menciptakan gol pada menit ke-78. Gol ini diciptakan oleh Alexis Sanches yang masuk menggantikan Fabregras pada menit ke-70. Sanchez yang mendapat umpan dari Neymar langsung menchip bola setelah melihat posisi Diego Lopez terlalu maju. Gol ini mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan Barca.

Real madrid akhirnya bisa memperkecil ketertinggalannya saat Jese Rodriguez yang masuk menggantikan A. di Maria pada menit ke-76 berhasil merobek gawang Barca. Gol ini terjadi pada "extra time" (menit 90+1) berkat assist dari Cristiano Ronaldo yang mengubah kedudukan menjadi 2-1. Score ini bertahan sampai peluit panjang menandakan pertandingan El Clasico ini berakhir. Wasit mengeluarkan 3 kartu kuning bagi pemain Real Madrid dibabak kedua ini, yaitu S. Khedira pada menit ke-59, Marcelo pada menit ke-64, dan Cristiano Ronaldo pada menit ke-79.

Bintang Barca dan Real Madrid yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tidak berkutik dan tidak bisa mencetak gol pada pertandingan ini karena memang kedua superstar ini dikawal ketat oleh masing-masing pemain bertahan lawan mereka. Kemenangan Barca ini memberi tambahan 3 poin bagi mereka di klasemen sementara dan menjadi pemuncak klasemen sementara La Liga Spanyol. Wasit yang memimpin pertandingan ini adalah Alberto Undiano dan dibantu oleh dua asisten wasit yaitu Roberto Diaz dan Raul Cabanero. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Barcelona Taklukkan Real Madrid"

Post a Comment